Selasa, 23 Juni 2009

Lampu Led RF (Part 1)


Lampu led RF ini berguna sekali, boleh dibilang harus ada dalam dompet seorang teknisi sebab dengan lampu led rf ini bisa membantu dalam pemecaham masalah "rf low power" yang tidak bisa diukur dengan swr meter.

Bahan yang dipergunakan yaitu 2bh dioda dan 1 buah led warna putih dengan menyala merah. Hal ini untuk mempermudah membedakan waktu tak ada rf lampu led warna putih dan bila ada out rf led berwarna merah. Pemilihan dioda germanium ditujukan untuk mengetes "rf yang sangat sangat kecil" misal output vco, kristall, output prescaller dll, sedangkan untuk power yang ouputnya bisa dikur dengan skala swr meter dibawah 1watt bisa mempergunakan dioda in4148.

Cara penggunaannya yaitu tangan memegang pada bagian A sedangkan bagian B dikenakan kepada titik (yang ada di pcb) untuk mengetes. Semakin menyala warnanya maka semakin besar pula out rf-nya.

Fungsi utama led ini untuk menelusuri suatu rangkaian dimana rf tidak ekluar maka ditelusuri mulai vco, sd output, tentunya aalat ini dipakai bila dalam keadaan darurat tidak punya alat ukur.

Bagaimana bila yang akan diukur untuk RF yang lebih besar lagi? Lampu led bisa diganti dengan vu dB meter yang salah satu kaki dioda yang menuju ke VU meter diberi resistor dan pada +/- VU meter ditempelkan pula trimpot.

And tidak percaya? Silahkan coba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar